slide show

This slideshow requires JavaScript.

April 28, 2012 at 4:48 pm Leave a comment

Bertahan hidup satu minggu dengan 50.000

apakah kamu pernah terjebak dalam situasi pelik yang sama? Entah karena boros atau memang sedang sial, duit bulananmu habis di tengah jalan. Sementara kamu masih harus menunggu beberapa minggu lagi sebelum uang bulananmu yang berikutnya dikirimkan.

Tenang! Walaupun hampir mustahil, bukan berarti kamu sama sekali tak bisa bertahan. Kamu hanya perlu niat yang kuat, karena Hipwee telah menyusun tips dan trik untuk kamu berhemat dengan hanya menghabiskan Rp 50.000 saja dalam seminggu! Penasaran gimana caranya?

 

Pertama, Kubur Impianmu Untuk Makan di Restoran di Mall. Segera ke Mini Market dan Belanja Mie Instan.

Makanan sejuta umat yang jadi penyelamat

Apa lagi sahabat anak kost kalau bukan mie instan? Makanan sejuta umat ini memang benar-benar penyelamat, baik di saat lapar maupun dompet sedang tercekat. Harganya sangat murah, cukup 2000 rupiah. Tapi dengan harga semurah itu, kamu bisa mendapatkan rasa yang mungkin lebih lezat dibandingkan dengan ramen di restoran ternama.

Untuk itu, kamu nggak perlu ragu lagi untuk menyisihkan sedikit uangmu demi membeli persediaan mie instan di kost. Kalau setiap hari kamu makan mie instan 1 kali, kira-kira kamu hanya akan menghabiskan 14.ooo rupiah untuk sarapan atau makan malam. Jauh lebih murah jika dibandingkan kamu makan di warung.

Tapi ingat, kamu harus memasaknya sendiri ya. Kalau makan di warung, harganya mie ini bisa dua-tiga kali lipat.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 7 bungkus mie instan x Rp. 2.000 = Rp. 14.000

 

 

Selain Mie Instan, Inilah yang Harus Diadopsi Jadi Menu Andalanmu…

Kamu memang sedang berhemat, tapi jangan sampai dalam 1 hari kamu makan mie instan lebih dari 1 kali. Selingi menu makanmu dengan makanan yang lebih sehat tetapi juga nggak kalah murah. Apa saja?

Nasi + Sayur

Nasi dan sayur

Di warung-warung makan prasmanan, menu ini akan dengan mudah kamu temukan. Sayurnya pun beragam, tidak hanya 1 jenis saja. Ada tumis kangkung, tumis buncis, sayur asam, hingga sayur sop dengan makaroni. Harganya? Cuma sekitar 2.500 – 3.000 rupiah saja, kok. Murah, ‘kan?

 

Nasi + Tahu/Tempe/Telur

Nastel: nasi telur

Menu yang satu ini juga pasti ada di setiap warung makan. Ada yang digoreng, dimasak bacem, hingga dicampur dengan bumbu balado. Harganya nggak kalah murah kok dengan nasi dan sayur, hanya sekitar 3.000 – 4.000 rupiah saja. Cukup lumayan dan sehat untuk selingan menu mie instanmu.

Biaya yang harus kamu keluarkan: 4 x nasi sayur (Rp. 3.000) + 3 x nasi tahu/tempe/telur (Rp. 4.000) = 12.000 + 12.000 = Rp. 24.000

 

 

Katakan Selamat Tinggal Untuk Sementara Pada Laundry, Ini Giliranmu Cuci Baju Sendiri!

Bikin sehat dan lebih bersih

Mencuci baju dengan menggunakan jasa penatu alias laundry memang jauh lebih praktis. Tapi, di sisi lain ini juga pemborosan. Coba deh hitung kalau dalam 1 minggu kamu mencuci baju sebanyak 3 kilogram ke penatu, kamu sudah menghabiskan 9.000 rupiah dari sisa uangmu yang hanya 36.000 rupiah.

Bandingkan jika kamu mencuci bajumu sendiri, tanpa ke penatu. Yang kamu perlukan hanyalah 1 sachet deterjen, 1 sachet pewangi konsentrat, tenaga dan juga waktu luang untuk mencuci. Dan kamu pasti punya banyak waktu luang, karena kamu nggak punya uang!

Biaya yang harus kamu keluarkan: 1 sachetdeterjen (Rp. 1500) + 1 sachet pewangi konsentrat (Rp. 1500) = Rp. 3.000

Buktikan Cintamu Pada Tubuhmu Sendiri Dengan Banyak-Banyak Minum Air Putih

Bebas isi ulang sepuasnya

Apalah arti makanan murah kalau kamu tetap memesan es jeruk atau es teh manis. Anggaran makanmu tetap saja akan membludak karena harga minuman tersebut cukup menguras kantongmu.

Nah, supaya hematmu tidak sia-sia, pesanlah air putih saat sedang makan di manapun. Mengapa? Karena biasanya, air putih diberikan secara gratis oleh warung makan. Sebagai anak kost-an, kamu pasti nggak nolak gratisan ‘kan? Sudah gratis, sehat pula. Masih ragu?

Biaya yang harus kamu keluarkan: Rp. 0.

 

 

Kesempatan Lain Untuk Membuktikan Cintamu Pada Tubuh: Simpan Motormu dan Jalan Kaki

Mulai tanggal 18 November 2014 lalu, harga BBM jenis premium dan solar naik sebanyak 2.000 rupiah per liternya. Itu artinya, kamu perlu untuk menambah anggaran pengeluaran demi membeli BBM untuk kendaraanmu. Mungkin kalau keadaannya kamu baru saja dikirimi uang bulanan, mengisi bahan bakar kendaraan sampai tangkinya penuh bukanlah masalah. Tapi dengan keadaan kamu hanya punya 50.000 untuk 1 minggu, membeli BBM akan terasa sangat membebankan.

Supaya sisa uangmu tidak habis begitu saja untuk membeli bahan bakar, coba deh 1 minggu ini kamu istirahatkan motormu di garasi kost. Mulailah berpergian dengan berjalan kaki, entah itu ke kampus, warung makan, atau bahkan tempat teman. Awalnya mungkin kamu akan mudah merasa lelah, tapi lama kelamaan kamu justru akan terbiasa dan mendapatkan manfaatnya. Tanpa perlu terdaftar jadi anggota di gym, kamu sudah bisa merasa bugar setiap harinya. Kantong lebih hemat, sehatnya juga dapat!

Biaya yang harus kamu keluarkan: Rp. 0.

 

 

Kalau Kakimu Sudah Gempor, Saatnya SMS Teman dan Minta Tebengan!

Nebeng!

Apa gunanya punya teman? Biar bisa dijadiin tebengan!

Tempat yang akan kamu tuju mungkin tidak selamanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Jika sekiranya kamu tahu ada teman yang akan pergi ke tempat yang sama, janganlah ragu untuk meminta tebengan padanya. Buang jauh-jauh gengsimu dan jelaskan saja kalau saat ini sisa uangmu tinggal sedikit jadi perlu untuk benar-benar berhemat. Yakin deh, teman yang baik tidak akan ragu untuk membantumu.

Biaya yang harus kamu keluarkan: Rp. 0(kalau temanmu baik)

 

 

Butuh Internet? Gunakan Modem dan Beli Paket Kuota yang Sebentar Lagi Kadaluarsa

Cari yang akan habis masa aktifnya

Beruntunglah kamu yang memiliki koneksi internet tanpa batas di kostnya. Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke warnet dan menghabiskan banyak uang untuk membayar tagihannya.

Tapi kalau kamu termasuk orang-orang yang belum beruntung, cobalah beralih untuk menggunakan modem dengan paket kuota yang termurah. Biasanya ya, banyak kios pulsa menyediakan paket kuota yang akan habis masa aktifnya. Paket ini dijual dengan harga yang sangat murah, sekitar 10.000 rupiah untuk kuota 3 GB. Kurang hemat apalagi coba?

Biaya yang akan kamu habiskan: 1 paket kuota 3 GB = Rp. 10.000

 

 

Kalau Mau Lebih Cerdas Lagi, Pergilah ke Perpus. Buat Baca Buku? Buat Numpang Ngenet~~

Internetan di perpustakaan

Selain menggunakan modem, ada lagi solusi bagi kamu untuk tetap bisa menikmati koneksi internet, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis di kampus atau perpustakaan. Koneksi internetnya tidak kalah cepat kok dengan warnet langgananmu, malah seringnya lebih cepat karena memiliki jaringan khusus yang dibangun sendiri oleh kampus. Tapi yang paling penting, untuk bisa internetan di kampus atau perpustakaan, kamu tidak perlu membayar tagihan alias GRATIS.

Biaya yang akan kamu habiskan: Nggak ada, karena kamu pintar~~

 

 

Daripada kamu jajan di luar, mending merenungi diri di kamar dan berpikir kenapa kamu boros banget jadi orang…

kamu merenung kenapa kamu boros

Selama seminggu ini, kamu harus tahan dengan sekuat tenaga hasratmu untuk jajan camilan. Harga murahnya memang menggiurkan tetapi juga memberikan efek ketagihan. Selain itu, jauhkanlah dirimu sementara waktu dari minimarket atau warung-warung pinggir jalan. Ini akan membantumu supaya tidak mudah tergoda untuk membeli jajanan.

Lebih baik gunakan waktu luangmu untuk merenungkan kenapa kamu bisa boros banget. Apa yang salah? Apakah selama ini kamu terlalu mengandalkan kiriman dari orang tua? Apakah selama ini kamu terlalu banyak hura-hura dan makan di luar? Nah, renungkan dalam-dalam!

Jika ditotal, ini adalah biaya hidupmu selama seminggu:

Mie instan = Rp. 14.000

Nasi sayur + nasi tahu/tempe/telur = Rp. 24.000

Deterjen+ pewangi = Rp. 3.000 

Kuota internet = Rp. 10.000

Total = Rp. 51.000!

 

Anggaplah hidup dengan duit segini “kaderisasi” bagimu supaya kamu bisa lebih tahu betapa pentingnya berhemat. Jika kamu berhasil menjadi lebih hemat bulan depan, nggak akan ada lagi namanya minta maaf ke Papamu karena uang habis di tengah jalan!

artikel terkait:

cara memikat hati wanita step 1

cara memikat hati wanita tahap 2

ruang lingkup biologi

dampak pencemaran udara

cabang ilmu biologi

pengertian kebugaran jasmani

metode ilmiah biologi

nama latin nangka

January 8, 2015 at 9:56 am Leave a comment

9 Kiat Memanfaatkan Statusmu Sebagai Mahasiswa Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Kalau kamu punya niatan untuk jadi seorang wirausahawan, tak perlu nunggu-nunggu sampai sudah lulus kuliah. Mungkin selama ini kamu selalu berpikir bahwa kuliah sambil berwirausaha itu pasti repot — kamu harus siap menomorduakan urusan akademik demi memajukan usaha — tapi sebenarnya berakrobat menyeimbangkan kedua dunia itu bisa, kok. Toh banyak entrepreneur muda yang bisa sukses berwirausaha sejak mereka masih kuliah.

Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberimu banyak keuntungan. Saat ini banyak bank berlomba menggelar kompetisi wirausaha untuk mahasiswa, sehingga kamu bisa mendapat suntikan modal dari sana dengan ide usahamu yang unik. Selain itu, menumbuhkan usaha kecil-kecilan sejak kuliah juga bisa membuatmu punya pekerjaan pasti saat sudah lulus kuliah nanti.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana sih cara agar kamu bisa sukses berwirausaha saat masih menjadi mahasiswa? Simak yuk tipsnya di sini!

1. Temukan ide unik yang memungkinkan untuk kamu kerjakan. Misalnya, ide yang dekat dengan duniamu dan teman-temanmu sebagai mahasiswa. Kemudian, minta pendapat dosen atau orang yang kamu tuakan.
Tulis ide bisnismu setiap hari via thelastwriter.com

Cobalah dengan memulai menulis beberapa ide bisnis yang unik dan kreatif setiap harinya. Kamu tak perlu harus sampai menulis ide bisnis yang terlalu banyak, tapi malah mengada-ada dan nggak realistis. Tulislah 5-10 ide bisnis per hari yang sekiranya menarik dan inovatif bagi mahasiswa atau anak-anak kost sepertimu.

Untuk membantu menemukan peluang ide usahamu, mulailah dengan bertanya pada dirimu atau teman-temanmu. Kira-kira hal apa yang kamu perlukan sebagai mahasiswa atau anak kosan yang sampai sekarang belum bisa terpenuhi. Terus tulislah setiap ide yang tercetus pada catatanmu.

Ketika kamu sudah merasa menemukan ide terbaik untuk usahamu, coba tanyakan dan diskusikan pada teman-teman dekatmu di kampus, himpunan, UKM, dan di kostan. Jika idemu mendapat sambutan baik dari mereka, cobalah untuk bertanya pada dosen mata kuliah bisnis atau teman dan saudara yang sudah punya banyak pengalaman berbisnis. Jika mereka memberimu lampu hijau, maka lanjutkan, jika tidak, terus cari ide yang menarik.

2. Jika kamu belum punya ide, temukan sebuah produk yang berhasil di pasar. Pelajari produk tersebut, temukan kekurangannya, dan buat produk yang lebih sempurna.
sempurnakan produk yang sudah ada di pasaran via http://www.steamboattoday.com

Menemukan ide itu memang terkadang bisa jadi hal yang sulit. Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menemukan idemu sendiri, cobalah untuk mencari sebuah produk yang bagus, yang bisa kamu contoh dan adaptasi. Perhatikan baik-baik dan buatlah analisa tentang produk tersebut. Apa saja kelebihan dari produk tersebut hingga banyak peminatnya, dan juga tuliskan apa saja kekurangannya.

Ketika kamu sudah menemukan beberapa kekurangannya, temukan cara untuk bisa menyempurnakan produk tersebut. Kembangkan produk yang sudah kamu pelajari tadi dengan ide-idemu yang inovatif.

3. Yakin dengan ide gilamu boleh, tapi jangan terlalu pede. Sebelum memasarkannya besar-besaran, buatlah uji coba dulu!
Lakukan uji coba dulu via http://www.google.com

Sebagus-bagusnya dan secemerlang apapun ide usahamu, jangan langsung terlalu pede dulu. Buatlah uji coba pada orang-orang yang dekat denganmu. Ini adalah salah satu keuntunganmu sebagai mahasiswa. Kamu masih punya banyak teman yang bisa kamu ajak untuk sharing, bertanya dan juga kamu jadikan ‘kelinci percobaan’.

Lingkunganmu yang sangat terpelajar dan kritis akan memberimu banyak informasi dan masukan bagus untuk perkembangan bisnismu. Tapi ingat, kamu harus mau terbuka dengan segala saran dan kritikan. Jangan mudah sakit hati dengan saran dan kritik dari teman-temanmu. Lihat bagamana respon dari teman-teman terhadap produk uji cobamu itu. Tampung semua kritikan dan saran dari mereka. Manfaatkan kritik dan saran tersebut untuk mengembangkan produkmu.

4. Jika respon produkmu tidak memuaskan, terus perbaiki, dan buatlah berulang kali sampai mendapat respon yang baik dari orang-orang.
Terus perbaiki produkmu hingga mendapat respon bagus via http://www.investni.com

Jangan malas dan malu untuk terus menguji coba produkmu pada teman-temanmu. Pada tahap ini mungkin kamu akan banyak menghabiskan banyak uang sakumu untuk membuat produk uji coba ini, tapi untuk bisa mendapatkan ide dan produk terbaik kamu harus rela mengorbankan uang sakumu demi kesuksesanmu nanti.

Kalau respon dari mereka masih saja tidak memuaskan, ulangi terus sampai kamu benar-benar mendapatkan respon yang baik dari orang-orang yang sudah mencoba produkmu. Respon baik sudah kamu kantongi, sekarang kamu boleh untuk mulai perlahan-lahan unjuk gigi.

5. Kamu perlu mencari ilmu dan pengetahuan baru. Carilah seorang mentor yang bisa memberimu masukan dan saran tentang usahamu.
Siapa tahu dosenmu mau jadi mentormu via internationalbusinessbest.blogspot.com

Kamu perlu menambah ilmu dan pengetahuanmu tentang berbisnis dari orang yang sudah berpengalaman. Carilah teman-temanmu yang mungkin sudah lebih dulu terjun di dunia wirausaha darimu. Bertanya-tanyalah tentang kiprahnya dalam berbisnis.

Atau jika kamu punya teman dari fakultas ekonomi dan bisnis, banyaklah bertanya-tanya pada mereka. Sebagain besar dari mereka pasti sudah punya pengalaman untuk berbisnis. Tanyakan bagaimana cara menjalankan bisnis yang efektif menurut mereka. Bagaimana strategi marketingnya, dan masih banyak lagi. Kapan lagi kamu bisa punya penasihat bisnis yang bisa memberimu masukan gratis kalau bukan karena teman sendiri dari kampus?

6. Kamu nggak bisa kerja seorang diri. Mintalah bantuan pada teman-temanmu yang punya kemampuan lain yang tak kamu miliki.
Jangan malu meminta bantuan via http://www.nytimes.com

Supaya usahamu makin berkembang, kamu butuh bantuan dari orang lain. Mintalah bantuan pada teman-teman atau mahasiswa dari fakultas lain yang bisa membantumu dalam hal di luar kemampuanmu.

Misalkan kamu butuh untuk membuat katalog, buatlah katalog dengan foto-foto produkmu yang bagus dan menarik. Jika kamu tak bisa fotografi dan editing, minta bantuan pada temanmu yang bisa melakukannya. Atau kalau kamu butuh design logo atau website, tapi kamu tak punya teman yang bisa melakukannya, carilah teman dari jurusan seni atau desain.

Jangan malu-malu untuk menambah teman dan meminta bantuan padanya. Jika dia tak mungkin memberi bantuan secara cuma-cuma, buatlah kesepakatan yang bisa menguntungkanmu dan dia.

7. Buatlah bentuk dasar atau kemasan unik yang bisa mencuri hati calon konsumenmu
Cari ide kreatif untuk kemasan produkmu via http://www.hipwee.com

Jangan melupakan soal packaging! Produk usahamu yang bagus akan jauh lebih mudah dilirik orang saat kamu bisa mengemasnya dengan sesuatu yang unik dan menarik. Berpikirlah sekreatif mungkin untuk membuat kemasan yang simpel, unik, dan menarik. kemasan produk ini juga bisa jadi ciri khas dari produk jualanmu, lho!

Kamu gak harus mengeluarkan biaya mahal kok untuk mendapatkan kemasan yang unik. Hipwee pernah membahas tentang ide-ide kemasan produk yang unik tapi nggak mahal di sini!

8. Temukan konsumen lewat semua komunitas yang ada di kampusmu, dan jangan takut untuk membagi merchandise gratisan. Mahasiswa cinta yang gratis!
Manfaatkan komunitas di kampus untuk menggaet konsumen via http://www.studententerprise.ie

Saat produk usahamu sudah benar-benar siap, sekarang saatnya untuk bekerja ekstra memasarkannya. Gunakan semua strategi pemasaran dan promosi yang paling efektif untuk menjangkau calon konsumenmu. Sebarkan flyers, sticker, diskon, gratisan, di setiap komunitas kampus, seperti himpunan mahasiswa, komunitas, UKM, dll.

Jangan takut rugi dulu saat kamu melakukan promosi diskon atau gratisan, karena saat baru merintis kamu memang harus mau mengambil risiko untuk rugi. Anak-anak mahasiswa atau kostan pasti sangat tertarik dengan hal-hal yang murah apalagi gratis. Promosi semcam ini adalah langkah pertama untuk mengenalkan produkmu pada orang-orang.

Setelah melakukan promosi dan pemasaran, jangan lupa untuk meminta umpan balik dari para target konsumenmu tadi. Tanyakan kembali pada mereka bagaimana pendapat mereka tentang produkmu. Berikan juga semua informasi mengenai produk usaham pada mereka, dan mintalah masukan dan kritik yang bisa mengembangkan usahamu tadi.

9. Setelah usahamu mulai berkembang, manfaatkan statusmu sebagai mahasiswa inspiratif untuk mendapatkan publikasi gratis tentang usahamu!
Gunakan media di kampus untuk mendapat publikasi gratis via http://www.news.emory.edu

Status mahasiswa akan memberimu banyak keuntungan, jadi jangan sia-siakan statusmu ini. Manfaatkan status mahasiswamu ini untuk mendapatkan publikasi secara gratis. Kamu bisa memulainya dari area kampusmu dulu, seperti koran, majalah, atau radio kampusmu sebagai media publikasimu.

Katakan pada mereka tentang usaha ang sedang kamu jalankan sekarang. Jual ceritamu dari awal merintis bisnis hingga sekarang sudah mulai berkembang — mereka pasti akan tertarik untuk meliput ceritamu sebagai cerita inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa yang lain. Kamu bisa mendapat publikasi secara cuma-cuma, dan produkmu pun akan mulai mendapat perhatian dari banyak orang lagi.

Bagaimana? Apakah setelah membaca artikel ini kamu semakin yakin untuk mulai berwirausaha meskipun masih kuliah? Jangan ragu-ragu lagi, Manfaatkan status mahasiswamu ini sebaik-baiknya untuk meraih kesuksesanmu. Semoga berhasil dan sukses ya

sumber : majalah http://www.hipwee.com/
Artikel terkait :
nama latin mangga

nama latin jahe

pengertian kedaulatan rakyat

pengertian laporan keuangan

keutamaan sholat dhuha

waktu sholat dhuha

bacaan shalawat nabi

January 8, 2015 at 9:31 am Leave a comment

naruto

May 5, 2012 at 5:08 pm Leave a comment

hehehe

http://i.notdoppler.com/files/disasterwillstrike.swf
More Physics-based Games

May 5, 2012 at 4:33 pm Leave a comment

game

<div align=”center”>http://i.notdoppler.com/files/disasterwillstrike.swf<br><a href=”http://www.phyfun.com/”>More Physics-based Games</a></div>

May 5, 2012 at 4:22 pm Leave a comment

memasang badge fb

Mau tahu cara menambah lencana profil di facebook, gini caranya :

1. buka Facebook dengan akunmu

2. buka http://www.facebook.com/facebook-widgets/profilebadges.php

3. Salin kode pada text box yg terdapat di sebelah kanan Pratinjau

4. Lalu buka blogger dgn akunmu

5. Klik Menu Tata Letak > Elemen Halaman

6. Klik Buat Gadget Baru

7. Pilih HTML/Java Sript

8. lalu paste salinan kode yg sudah kita Copy sebelumnya

9. Klik Simpan

10. Buka blog mu dan lihat hasilnya

April 28, 2012 at 4:42 pm Leave a comment

Older Posts


Kalender

May 2015
M T W T F S S
« Jan    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

naruto

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Polling

jam


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.